Analisis Produktivitas Perikanan Budidaya Air Tawar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Di Kabupaten Bandung

Analisis Produktivitas Perikanan Budidaya Air Tawar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Di Kabupaten Bandung



Tahun 2013 saya membuat penelitian mengenai produktivitas perikanan budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat produktivitas perikanan budidaya air tawar yang ada di Kabupaten Bandung dan untuk menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi produktivitas perikanan budidaya air tawar di Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Bandung tepatnya di Kecamatan Majalaya, Ciparay dan Bojongsoang yang mewakili tahap pembenihan, pendederan dan pembesaran.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data dengan metode survei, metode pengambilan sampel dengan metode cluster sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Parameter yang diamati dalam penelitian yaitu biaya total, produksi, harga pakan, harga benih, upah tenaga kerja, benih, pakan, lama pengalaman, pendidikan, umur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat produktivitas perikanan budidaya di Kabupaten Bandung untuk kelompok pembenihan berada pada rata-rata 24.000 ekor/m2/Thn. Kelompok pendederan berada pada tingkat rata-rata 1,1 Kg/m2/Thn dan kelompok pembesaran rata-rata 7,87 Kg/m2/Thn. Tingkat produktivitas biaya kelompok pembenihan, pendederan dan pembesaran masing-masing memiliki rata-rata 1, 0,23 dan 0,43. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas diantaranya adalah kualitas benih, pakan, pengalaman pembudidaya, dan umur pembudidaya

Jika teman-teman saat ini sedang berkuliah di jurusan perikanan dan membutuhkan informasi tentang Produktivitas, boleh klik link ini yaaah sekalian kita silaturahmi sesama orang perikanan. Jangan lupa share blog ini agar yang lain juga mendapat informasi yang sama. Dan jangan lupa, saya sangat menerima kritik dan saran untuk lebih baik.

salam
obrolan mamet

2 Comments

  1. Woww itu ikan ya, saya kirain tadi apaan. Prospeknya bagus juga ya ternyata budidaya ikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak. itu kebetulan balita, jadi gak terlalu keliatan...

      Delete