Situ Bagendit, Destinasi Favorit Wisatawan

Situ Bagendit, Destinasi Favorit Wisatawan

Source: twitter.com/ridwankamil


Garut merupakan salah satu kota wisata yang ada di Jawa Barat. Tempat pemandian air panas seperti Darajat dan Cipanas juga wisata alam seperti di daerah Papandayan Desa Cisurupan juga ada di Kota Garut. Ditambah lagi keindahan pantai di Selatan Garut menjadi destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Source: twitter.com/ridwankamil


Baru-baru ini Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengumumkan bahwa salah satu destinasi wisata di Kota Garut akan di revitalisasi dalam waktu dekat.

Dalam cuitannya di twitter, Gubernur Jawa Barat mengumumkan bahwa di tahun 2020 akan dimulai rencana kontruksi Situ Bagendit yang bertempat di daerah Banyuresmi Kab. Garut.

Source: twitter.com/ridwankamil

Berbicara tentang Situ Bagendit sebetulnya apa sih yang membuat Situ Bagendit sangat harus dikunjungi dan di proyeksikan akan mendukung program provinsi Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata.

Source: twitter.com/ridwankamil


Dilansir di Wikipedia, Situ Bagendit terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Situ Bagendit merupakan objek wisata alam berupa danau dengan batas administrasi disebelah utara berbatasan dengan Desa Banyuresmi, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Cipicung, disebelah timur berbatasan dengan Desa Binakarya, dan disebelah barat berbatasan dengan Desa Sukamukti.

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Situ Bagendit ini antara lain menikmati pemandangan, mengelilingi danau dengan menggunakan perahu atau rakit. Para pengunjung juga dapat melakukan kegiatan rekreasi keluarga, menikmati pemandangan serta kegiatan bersepeda air.

Alkisah di zaman dahulu kala di sebuah desa yang terletak di kota Garut, Jawa Barat Hiduplah seseorang wanitayang sangat kaya bernama nyai Bagendit.

Dengan kekayaan yang melimpah menyebabkan nyai bagendit menjadi kikir, sombong dan semena-mena dengan rakyat kecil.
Karena merasa ia paling kaya di desa tersebut maka ia pun sering kali mengadakan pesta besar-besaran, pesta ini dilakukan tak lain untuk memamerkan harta benda dan perhiasan yang ia miliki kepada warga sekitar.
Walaupun ia begitu kaya raya namun ia tak pernah mau membantu warga sekitar apabila warga sekitar mengalami kesusahan ataupun kesulitan.

Ia selalu menolak dengan angkuh apabila ada warga yang ingin meminta bantuan dari nya. Warga sekitar tidak ada yang menyukai dengan perangai nyai bagendit. Namun mereka tidak bisa apa-apa karrna hanya warga biasa.
Suatu hari ketika pesta besar-besaran berlangsung, datanglah seorang pengemis dengan pakaian compang camping, celana lusuh. Ia pun berkata “Nyai, tolong beri hamba makanan sedikit saja,hamba lapar sudah beberapa hari belum makan” kata pengemis tersebut.

Karena merasa terganggu dengan pengemis itu Nyai Bagendit pun sangat marah dan mengusir pengemis itu dengan kasar, “Pergilah kau dari rumahku, pengemis kotor!!!” Pengemis itu pun pergi dengan perasaan sangat sedih.
Suatu hari ada kejadian yang aneh di desa tersebut dimana di jalan ada tertancap sebuah tongkat, karena merasa penasaran warga pun mencoba untuk mencabut tongkat iti, namun tidak bisa.

Mereka berfikir untuk mencabut nya beramai-ramai maka mereka pun mencabut dengan beramai-ramai namun tetap saja tongkat tersebut tidak bisa tercabut.
Sampai datanglah pengemis yang diusi oleh nyai gendit kala itu, ia mencoba mencabut tongkat tersebut alhasil tongkat tersebut tercabut dan mengeluarkan air, tanpa di sadari air pun keluar semakin deras karena warga takut tenggelam sehingga mereka mencari tempat yang lebih tinggi agar aman.

nyai bagendit itu ia tidak mau sama sekali meninggalkan rumah nya berisi banyak harta benda dan perhiasan. Sampai akhir nya ia pun tenggelam dengan harta,rumah beserta isi nya.
Pada akhir nya Di desa itu kini terbentuk sebuah danau kecil yang indah. Orang menamakannya ‘Situ Bagendit’.


Semoga dengan direncanakannya revitalisasi Situ Bagendit, kedepannya Kabupaten Garut khususnya Situ Bagendit menjadi tujuan wisata lokal maupun asing dan meningkatkan aktifitas ekonomi di lingkungan Situ Bagendit.

Sumber



0 Comments