Community Marketing

Community Marketing

unplash.com

APA ITU COMMUNITY MARKETING?? Sebelum membahas obrolan mamet ini kalian harus tahu dulu pengertian dan tipe karakteristik komunitas seperti di artikel sebelumnya. Jika kalian belum membaca kalian bisa baca dulu disini Jika sudah, mari kita lanjutkan. Sebenarnya apa itu community marketing? adalah suatu strategi pemasaran suatu perusahaan atau brand yang bertujuan untuk menciptakan volume sales. Kalimat mudahnya adalah suatu bentuk kerjasama antara perusahaan dan komunitas dengan sistem simbiosis mutualisme sehingga kedua belah pihak mendapatkan sama-sama keuntungan. Perusahaan akan mendapatkan goal berupa hasil penjualan baik langsung dari lingkaran komunitas ataupun dari luar lingkaran komunitas. Sedangkan komunitas akan mendapatkan support untuk mencapai tujuan dan keinginan yang akan dicapai pada satu periode. Jika dalam perjalanan dan hubungan antara kedua belah pihak baik, maka hasil positif dan loyalitaslah yang akan tercipta.

Oke, kalian pasti akan bertanya, bagaimana kita bisa masuk ke komunitas? atau pertanyaan lain bagaimana kita bisa mendapat dukungan dari brand/perusahaan?


Jawabannya adalah mudah, asal tahu caranya, dan mari kita bahas pertanyaan yang muncul dari dua sisi yang berbeda.


Sebagai brand atau perusahaan tentunya sangat bisa kita masuk kedalam lingkaran komunitas. Kita bisa memilih apakah mensponsori atau membina untuk lebih berkembang, dengan kata lain bisa support jangka pendek maupun panjang. Untuk bisa berinteraksi lebih dalam mengenai komunitas tentunya kita harus memahami terlebih dulu sifat dan karakteristik komunitas tersebut. Setelah itu membangun komunikasi dengan baik dengan mereka dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan mereka agar mereka tertarik dengan brand yang kita bawa dan menciptakan hasil positif dan loyalitas. Setelah tiga elemen itu didapat tentunya akan bisa mencapai tujuan perusahaan itu sendiri.

Lalu bagaimana jika kita seorang dari komunitas ingin mendapatkan dukungan dari suatu brand atau perusahaan? pertama, kita harus tepat memilih perusahaan yang cocok dengan komunitas kita, yang memiliki karakter atau jiwa yang sama dengan kita. Setelah itu, kita tetap harus membangun komunikasi dengan brand agar tujuan kita tercapai. Menawarkan potensi komunitas terhadap brand adalah hal yang mudah untuk mendapatkan suntukan dukungan. Setelah tahapan itu tercapai dan memulai bermitra, tentunya menunjukan loyalitas dan menjalankan apa yang sudah disepakati menjadi ini dari semuanya.

Salam
obrolanmamet



1 Comments