Obrolan Pertahanan Nasional Indonesia 2029

Obrolan Pertahanan Nasional Indonesia 2029

Obrolan mamet tentang pertahanan nasional Indonesia, Era milenial memaksa kita untuk terus berkembang, kemudahan informasi membuat segalanya menjadi mudah, baik mencari data perorangan bahkan data dokumen penting negara pun bisa dengan mudah didapatkan. Tak jarang kita mendapatkan situs website kenegaraan di retas oleh hacker yang tidak bertanggung jawab. Namun ada dampak positif saat situs tersebut diretas, secara sederhana kita dapat mengetahui bahwa kelemahan situs itulah yang menjadikan hacker bisa masuk dan membuat kita lebih hati-hati dalam membangun sistem, dan tentunya harus dengan orang yang kompetenlah yang menangani itu. Contoh sederhana bahwa sistem informasi sangat mudah untuk diretas, begitupun dengan sistem pertahanan negara, mungkin saat ini diluar sana ada yang sedang mencari kelemahan sistem pertahanan Indonesia, baik secara digital lewat website atau dengan teknologi lain yang menjadikan warga negara Indonesia bisa menjadi korbannya.

Saat ini sistem pertahanan Indonesia cukup mumpuni untuk melindungi keutuhan negara. Berbagai macam produk seperti yang dilansir di web www.kkip.go.id cukup variatif dan mumpuni. Mamet sih berharap bahwa kekuatan pertahanan negara Indonesia jauh lebih kuat dibanding dengan apa yang masyarakat umum ketahui saat ini.

Mamet berimajinasi jika kelak 10 tahun ke depan Indonesia memiliki sistem pertahanan yang baru untuk menambah daya tahan dari sistem pertahanan yang sudah ada.

Digital System Security


Dunia digital dan generasi milenial memang merubah segala pola, begitupun dengan informasi dan komunikasi. Menurut mamet kekuatan sebesar apapun akan kalah jika sistem komunikasi dan informasinya tidak ditata dan dipersiapkan dengan matang baik secara sistem maupun secara komponen atau devicenya. Film animasi Jepang berjudul Dr. Stone sebetulnya memberikan analogi betapa pentingnya komunikasi untuk pertahanan dan perlawanan musuh, adapula analogi dari sebuah film fast to furious hobbs and shaw dikondisikan bahwa pihak musuh mengganggu sistem informasi dengan memboikot media dan seluruh media informasi untuk menyebarkan hoax sehingga suasana menjadi rumit dan kacau. Dari situ mamet membayangkan seandainya dua hal ini kita tidak siapkan maka akan sia-sia berbagai alat pertahanan kita untuk melawan musuh, karena mungkin musuh lebih tau seluk beluk negara kita di berbagai aspek. Untuk itu perlu lah pengembangan sistem informasi dan komunikasi yang sifatnya rahasia untuk suatu pertahanan yang sangat kuat negara Indonesia, bahkan sebetulnya dengan itu seharusnya bisa menggali informasi lawan mengenai kekuatan dan strategi agar Indonesia bisa siap dengan segala serangan pihak luar. Pertahanan terkuat adalah menyerang, mungkin istilah yang pas pada saat bisa menguasai sistem informasi. Akan berguna juga untuk menahan konflik internal yang disebabkan oleh penyebaran hoax yang saat ini begitu menyebar di berbagai kalangan



Perisai

Teknologi yang mungkin harus disiapkan adalah perisai anti bom. Saat ini degara adidaya mengembangkan teknologi nuklir meskipun sebetulnya senjata nuklir bukanlah ide yang baik karena bisa menghancurkan bumi dan membuat cuaca menjadi dingin dan menakutkan. Namun jika berandai senjata atau teknologi nuklir benar digunakan, mamet berharap selain indonesia memiliki senjata nuklir, Indonesia bisa membuat perisai di udara guna mencegah jatuhnya bom dinegara kita ini. Sehingga imbas dari ledakan tidak terlalu kuat dan tidak dirasakan oleh warga indonesia.


Pakaian anti ledakan dan tembakan

Anggota aktif TNI saat ini sekitar 400.000 orang anggota aktif, namun jumlah penduduk Indonesia berada di angka 268 juta orang dan itu adalah kekuatan yang sangat besar dalam pertahanan Indonesia. Pakaian atau sandang adalah kebutuhan primer setiap warga, dan jika dikembangkan sehingga berfungsi menahan ledakan dan tembakan itu akan menjadi kekuatan yang sangat besar bagi Indonesia. Pakaian yang terlihat biasa saja namun memiliki kekuatan pertahanan yang tinggi adalah pertahanan mikro yang mungkin pihak luar tidak tahu.

Obrolan pertahanan nasional Indonesia ini hanyalah imajinasi yang besifat logis, mamet berharap saat ini kekuatan luar biasa sudah tersedia tanpa publik tahu, dan berharap sistem informasi negara Indonesia tidak diretas oleh pihah lain untuk dicuri datanya.










0 Comments